TATA BATAS BORA DI KHDTK LABANAN

Pagi ini, tetes-tetes air di sela-sela pohon membasahi dedaunan di hutan. Inilah hutan hujan terbaik yang ada di Kalimantan Timur, Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Labanan. Iklim micro yang terbentuk di sini adalah tempat terbaik orangutan bersekolah hutan. Beruntung sekali Pusat Rehabilitasi BORA mendapatkan lokasi ini. Tentu aja keterbatasan listrik dan sinyal internet bahkan telepon merupakan kesulitan tersendiri. Kini, BORA memasuki tahun keenamnya.

Ini adalah kegiatan tata batas areal kerja Centre for Orangutan Protection di KHDTK Labanan. Tiga orang dari B2P2EHD (Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa) telah siap menyusuri titik-titik yang merupakan patok batas lokasi kerja. Secara keseluruhan luas yang dijalani 5-10 ha. Patok dan cat di pohon sebagai penanda batas nantinya akan ditarik garis lurus agar lebih mudah dalam penghitungan luasannya.

Pohon-pohon meranti dengan berbagai jenis masih banyak terdapat di lokasi ini. KHDTK Labanan adalah Hutan Hujan Tropis Dataran Rendah Kalimantan yang didominasi pohon dari suku meranti-merantian atau Dipterocapaceae. Indonesia harus bangga dengan kekayaan alamnya ini. Keberadaan pusat rehabilitasi orangutan di dalamnya semoga dapat menjaga kelestariannya. 

What's your reaction?
0Cool0Upset0Love0Lol

Add Comment

to top