Satu per satu bagian besi yang dilas diperiksa. Ada ratusan titik yang harus dibersihkan. Karat yang menempel pun sudah ikut dibuang. “Selanjutnya penyemprotan lapisan antikarat. Sayang, mesin kompresor rusak. Lagi-lagi, pekerjaan tertunda.”, terang Nanda Rizki, kordinator logistik pembangunan Sumatra Rescue Alliance (SRA). 

Tim pembuat penyaring limbah kandang sedang dalam proses pemasangan batu bata. Hujan mulai turun, “Alamat harus berhenti lagi pengerjaannya. Sebelum semakin deras, tim galian pindah untuk membuat lubang penyaringan limbah kandang yang berada di klinik. Semua berpacu dengan alam. Musim hujan tak mungkin menunggu.”.

Kabar gembiranya, dinding klinik telah berhasil tertutup semen semua. Bagian dalam, bagian luar maupun lantai kandang yang menempel pada dinding klinik. Bagunan klinik SRA akan memasuki tahapan akhir, yaitu pemasangan plafon dan instalasi aliran listrik. Selanjutnya membuat meja permanen di ruangan laboratorium, perataan dan pemadatan lantai sebelum pemasangan keramik. 

Rencana sering harus tertunda, sementara target harus tepat waktu. “Besok saya ke Pangkalan Berandan untuk memperbaiki mesin ya mas Topo.”, ujar Nanda lagi. Nanda pun saling bergantian untuk memenuhi kebutuhan pembangunan, sebuah kerjasama yang baik untuk saling mengawasi pekerja. Semangat mas Topo… semangat mas Nanda! (SON)

What's your reaction?
0Cool0Upset1Love0Lol

Add Comment

orangutan.id © 2020. All Rights Reserved.

to top