PINGPONG KESULITAN MENYERAP MAKANANNYA

Kehadiran dua dokter hewan di Pusat Rehabilitasi BORA (Borneo Orangutan Rescue Alliance) membuat setiap orangutan mendapatkan perhatian ekstra. Satu per satu orangutan diperiksa dan diamati. Pingpong yang selalu membuat kesal perawat satwa karena jarang naik ke atas pohon saat sekolah hutan pun tak luput dari pengamatan. 

Pingpong, orangutan jantan yang ini punya kebiasaan unik. Ketika makan buah sirsak, dia akan mengumpulkan biji-bijinya. Tak ada bagian putih dari sirsak yang masih melekat di bijinya. Pingpong begitu menikmatinya. Di tengah pandemi COVID-19, orangutan tak ada yang ke sekolah hutan. Gilang, dokter hewan penasaran dengan apa yang dilakukan orangutan di siang hari. Betapa terkejutnya Gilang mendapati Pingpong seperti muntah namun tertahan di mulutnya, dan Pingpong mulai mengunyah. Seperti hewan memamah biak. 

drh. Gilang mulai mengamati lebih serius lagi. Mendekati Pingpong dan memegang tubuh Pingpong. Rambut Pingpong yang tebal dan panjang ternyata menyembunyikan tubuhnya yang kurus. Pingpong seperti kesulitan menyerap sari makanan untuk tubuhnya. “Kemungkinan besar ada masalah di ususnya. Tapi kami masih harus mengamatinya lagi. Untuk saat ini, kami akan memberikan jenis makanan yang lebih mudah diserap tubuhnya.”, jelas drh. Gilang Maulana Putra Haryoto. 

Orangutan adalah salah satu kera besar yang hidup di Indonesia. Keberadaannya menjadikan Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Setiap individu orangutan juga merupakan pribadi yang unik, yang sangat menarik untuk diteliti. Semoga Pingpong bisa menjadi lebih baik lagi ya…

What's your reaction?
0Cool0Upset0Love0Lol

Add Comment

to top