PERILAKU MENYIMPANG ORANGUTAN DI SEKITAR PERTAMBANGAN BATUBARA

Drone yang terbang di atas sarang orangutan tak juga mengusik tidurnya. Tim APE Crusader menemukan orangutan di dalam sarang yang berada di batang dahan pohon puspa pada pukul 06.48 WITA. Orangutan jantan tersebut memiliki badan yang cukup besar. “Sekitar pukul 08.00 WITA, dia mulai bangun dan bersin-bersin. Tak lama kemudian dia bergerak ke arah yang berlawanan dari datangnya tim”, ujar Sari Fitriani, manajer perlindungan habitat orangutan COP.

Lalu kami juga menemukan satu orangutan yang berada di semak-semak. “Lokasi yang sama dengan penemuan orangutan pada bulan September 2020 yang lalu”, kata Sari lagi. Orangutan terlihat sedang memakan daun di semak-semak dan bersembunyi di rimbunnya semak saat sadar bahwa pergerakannya sedang dimonitor. 

Keesokan harinya, tim APE Crusader masih berjumpa dengan orangutan tersebut. Kali ini pergerakannya cukup lambat dan ternyata ia menggendong bayinya. “Perjumpaan tiga orangutan dengan kondisi hutan seperti ini sangat memprihatinkan. Aktivitas pertambangan yang terus-menerus sepanjang hari bisa saja membuat orangutan maupun satwa liar yang berada di sekitar kawasan tambang mengalami prilaku menyimpang. Tidak heran, jika konflik satwa liar dengan pertambangan nantinya akan muncul. Seperti bulan Februari yang lalu, viralnya video orangutan berada di kawasan tambang terbesar di Kaltim”, jelas Sari Fitriani lagi.

Terhitung sejak September 2020 telah ada 7 (tujuh) perjumpaan orangutan oleh tim APE Crusader di kawasan tersebut. Dimana di antaranya adalah 2 (dua) induk orangutan beserta anaknya dan 5 (lima) individu orangutan dewasa lainnya. Perilaku yang ditunjukkan oleh orangutan tersebut cukup berbeda dengan orangutan liar pada umumnya. Mereka cenderung bangun siang, bersin-bersin, terkesan tidak takut dengan kebisingan dan cenderung memakan kambium kayu di pohon atau daun di semak-semak.

Benarkah orangutan termasuk makhluk yang adaptif? Apakah orangutan mampu bertahan hidup di beberapa lanskap (multiple landscape)? (SAR)

What's your reaction?
0Cool0Upset0Love0Lol

Add Comment

to top