PELIHARA MONYET ITU KEJAM

Awal tahun 2021 penuh dengan berita animal abuse atas pemeliharaan primata jenis monyet ekor panjang (Macaca fascicularis). Dimulai dari konten tiktok influencer yang melakukan unboxing terhadap monyet ekor panjang yang baru dibelinya, konten yang menuai banyak pro kontra dari masyarakat hingga artis Manohara ikut angkat bicara mengenai tindakan yang dilakukan oleh influencer tersebut. Untungnya, berkat kekuatan sosial media yang sangat berkembang pesat membuat influencer tersebut akhirnya menyerahkan monyet ekor panjang yang ia beli ke BKSDA setempat.

Belum lepas dari influencer tersebut, youtuber ‘ale pro’ melakukan eksperimen terhadap monyet ekor panjang dengan memberi makan cabe, sambal dengan mengikat tangan monyet tersebut dan memaksanya makan tanpa menggunakan tangan, memberi minuman energi dan bersoda serta tindak kejahatan lainnya. Centre for Orangutan Protection berterimakasih pada orangufriends (relawan satwa) dan masyarakat luas yang ikut aktif melaporkan channel youtube ale pro hingga channel ini akhirnya ditutup Youtube.

Bagaimana monyet ekor panjang tersebut bisa sampai di tangan manusia? Bayi monyet diambil secara paksa dari induknya, bahkan menyebabkan kematian pada induk dan kawanannya. Bayi yang terpisah dari induknya kehilangan asi dan perawatan dari induknya sehingga rentan sakit, tidak sedikit yang akhirnya mati sia-sia. Mendukung pemeliharaan monyet ekor panjang sama saja dengan mendukung animal abuse (kejahatan terhadap satwa). (SAT)

What's your reaction?
0Cool0Upset0Love0Lol

Add Comment

to top