PATROLI HLSL BERSAMA BKSDA SKW 1 BERAU

Selama lima hari, tim APE Defender dan ranger kembali melakukan  patroli bulanan di Hutan Lindung Sungai Lesan (HLSL) yang berada di Kalimantan Timur. Fokus kegiatan patroli adalah menyisir kawasan dan memperluas jangkauan patroli untuk mengetahui ancaman yang ada di HLSL.

Kegiatan patroli juga bersamaan dengan kegiatan survey populasi orangutan yang dilakukan oleh BKSDA SKW 1 Berau. “Pendataan sarang sebagai acuan hitungan kepadatan orangutan di HLSL, tim hanya menemukan satu sarang baru. Kami tidak menjumpai 1 individu orangutan sekalipun”, ujar Widi Nursanti, kapten APE Defender. 

“Sepanjang jalur transek, tim juga tidak menemukan pohon buah yang berjatuhan”, tambahnya lagi. Hutan Lindung Sungai Lesan adalah lokasi pelepasliaran orangutan dari pusat rehabilitasi orangutan yang dikelolah oleh COP. “Ada lima orangutan rehabilitasi yang telah dilepasliarkan di kawasan ini. Latar belakang kelimanya juga sangat unik. Ada yang berasal dari kebun binatang, kepemilikan ilegal, konflik alih fungsi hutan dan perdagangan. Kami akan terus melakukan patroli bersama untuk memastikan orangutan dan kawasan ini aman”, jelas Widi yang merupakan manajer pusat rehabilitasi BORA, Berau, Kalimantan Timur.

What's your reaction?
0Cool0Upset0Love0Lol

Add Comment

to top