NAFAS PANJANG UNTUK KEMBALIKAN NIGEL KE PULAU

Sayang sekali, satu pejantan tangguh di Pusat Rehabilitasi Orangutan Borneo Rescue Alliance (BORA) harus kembali merasakan atmosfer kandang karantina. Sebagai kandidat lepas-liar harusnya ia banyak menghabiskan banyak waktunya di pulau pra-pelepasliaran. Wabah virus corona ini, memaksa Nigel harus meninggalkan sejenak pulau orangutan itu.

Nigel tergolong orangutan yang arboreal atau dominan beraktivitas di atas. Saat di kandang pun ia banyak menghabiskan waktunya di atas hammock. Namun kami mendapati hammock kesayangan Nigel putus dan pastinya ia tidak bisa lagi tidur di atas hammock. 

Beberapa hari belakangan Nigel gemar duduk di lantai kandang. “Seperti memberi isyarat untuk segera diperbaiki hammocknya.”, gumam drh. Ray.

Perawat satwa belum bisa memperbaiki hammock Nigel karena ketidaktersediaan bahan. Selain itu juga menimbang resiko yang cukup tinggi untuk masuk ke dalam kandang Nigel. Dia bukan lagi orangutan bayi. 

Kami ingin juga menerapkan “new normal” untuk orangutan di BORA, salah satunya dengan mengembalikan orangutan Nigel ke pulau pra-pelepasliaran. Semoga proses ini bisa lekas dilakukan. (RAY) 

What's your reaction?
0Cool0Upset0Love0Lol

Add Comment

to top