GAPURA DAN POS JAGA DI KHDTK LABANAN SEBAGAI IDENTITAS

Pada tahun 2021, Tim Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) bersama Centre for Orangutan Protection berencana membangun sebuah gapura dan juga pos jaga di pinggir jalan poros Labanan, Berau, Kalimantan Timur. Gapura KHDTK (Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus) Labanan yang akan menjadi identitas kawasan tersebut.

Sementara pos jaga yang akan dibangun ditujukan sebagai sebuah tempat pemberhentian ataupun tempat bekerja bagi para ranger ataupun B2P2EHD dan COP yang sedang bertugas melakukan patroli ataupun monitoring di sekitar kawasan. Kedua bagunan ini sedang dalam tahap pembangunan dan ditargetkan akan selesai dalam pertengahan tahun 2021 ini.

Dengan adanya gapura dan juga pos jaga yang ditempatkan tidak jauh dari lokasi pusat rehabilitasi orangutan COP diharapkan masyarakat pun semakin menyadari bahwa KHDTK Labanan adalah sebuah area kawasan hutan yang penting untuk dilindungi dan dirawat bersama baik oleh pemerintah maupun juga oleh masyarakat sekitar.

Semoga saja sarana sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga kelestarian kawasan hutan di Labanan sebagai warisan leluhur untuk kehidupan mendatang. Masyarakat lokal diharapkan dapat bangga dengan keanekaragaman hayati yang tersimpat di KHDTK Labanan. (LIA)

What's your reaction?
0Cool0Upset0Love0Lol

Add Comment

to top