BAGUS PERNAH DEMAM BERDARAH

Halo Orangufriends! Ada kabar baru tentang Bagus! Orangutan yang paling baru datang di Pusat Rehabilitasi BORA (Borneo Orangutan Rescue Alliance) ini, sudah selesai menjalani medical check up dan hasilnya sangat baik. Namun, ternyata Bagus pernah terinfeksi demam berdarah loh  Orangufriends. Hal tersebut diketahui dari pemeriksaan laboratoris (pemeriksaan darah) yang menunjukkan bahwa Bagus memiliki antibodi demam berdarah. Syukurlah Bagus bisa bertahan menghadapi deman berdarah dan keadaannya sekarang sangat sehat.

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus. Virus yang dibawa oleh nyamuk jenis Aedes Aegypti ini menyebabkan penyakit demam berdarah dengue atau DBD. Tidak hanya menyerang manusia, orangutan pun bisa menderita penyakit ini, beruntung sekali imun atau antibodinya cukup baik. 

Susunan genetik orangutan memang sangat dekat dengan manusia. Itu sebabnya beberapa penyakit yang dialami juga mirip. Seperti tifus, malaria juga demam berdarah. “Itu sebabnya di masa pandemi COVID-19 ini, dimana virus dapat dengan mudahnya berpindah, Pusat Rehabilitasi BORA memilih untuk menutup diri dari kunjungan luar. Hanya karyawan saja yang bisa keluar masuk itu pun dengan prosedur yang sangat ketat. Jika perawat satwa yang kebanyak dari desa terdekat memberi tahu dia baru saja ke kota atau keluar dari desa Merasak, manajer segera memintanya untuk isolasi mandiri.”, ujar Widi Nursanti, manajer BORA dengan tegas. Prosedur ini untuk mencegah penyebaran virus ke orangutan. Karyawan yang datang dari desa, diwajibkan untuk langsung mandi. Pemeriksaan suhu tubuh sebelum beraktivitas, penggunaan masker dan sarung tangan serta penyemprotan disinfektan juga menjadi protokol sebelum dan sesudah ke kandang orangutan. “Semoga kami bisa mencegah virus Corona di BORA. (GIL)

What's your reaction?
0Cool0Upset0Love0Lol

Add Comment

to top