APE WARRIOR BANTU PEMBERSIHAN SHELTER BANJARSARI

Berdasarkan hasil peninjauan aktivitas Gunung Merapi selama bulan Januari 2021, BPPTKG Yogyakarta mengubah rekomendasi zona bahaya dari selatan-tenggara menjadi selatan-barat daya. Hal ini disebabkan guguran material erupsi Gunung Merapi yang berupa lava pijar serta awan panas terpantau mengarah ke hulu Sungai Krasak dan Boyong.

Dengan adanya perubahan rekomendasi tersebut, Dusun Kalitengah Lor di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta, kini tidak lagi termasuk zona bahaya erupsi. Warga beserta ternak dari Dusun Kalitengah Lor yang sudah berada di barak pengungsian selama kira-kira 3 bulan dapat dipulangkan.

Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman menginstruksikan pemulangan ternak dilakukan hari Minggu, 24 januari. Pemulangan dilakukan menggunakan kendaraan yang sudah disiapkan oleh dinas, sedangkan warga yang memiliki kendaraan sendiri memulangkan ternaknya secara mandiri. Tim APE Warrior turut memantau kegiatan pemulangan ternak ini.

Setelah Shelter Ternak Banjarsari dikosongkan, pada hari Senin, 25 Januari, tim APE Warrior juga membantu pembersihan shelter. Pembersihan shelter diakhiri dengan penyemprotan disinfektan oleh para relawan ke seluruh area kandang mulai dari atap, tiang, sekat hingga tanah als kandang. Sterilisasi kandang pasca pengosongan penting dilakukan untuk memastikan kuman patogen penyebab infeksi seperti virus, bakteri dan jamur yang mungkin ada selama kandang terisi, mati dan tidak membawa penyakit bagi manusia maupun hewan di sekitar. (Inez_Orangufriends)

What's your reaction?
2Cool0Upset0Love0Lol

Add Comment

to top